Jumat, 05 Juni 2015

Curug Silawe


 Kabupaten Magelang adalah salah satu daerah yang berada di Jawa Tengah, Secara Geografis Kabupaten Magelang terletak di antara 110˚ 01’ 51” dan 110˚ 26’ 58” Bujur Timur, 7˚ 19’ 13” dan 7˚ 42’ 16” Lintang Selatan, dengan luas wilayah 1.085,73 km2 ( 108.573 Ha ). Kabupaten Magelang memiliki potensi alam yang sangat beragam diantaranya gunung, candi, marmer merah, hutan pinus, taman wisata, dan air terjun.
Kabupaten Magelang memiliki beberapa air terjun yang harus dikunjungi kalau lagi travelling atau sekedar mampir. Air terjun yang sudah banyak khalayak tahu adalah Curug silawe, Kedung Kayang, dan Sekar Langit namun saya yakin Magelang memiliki beberapa air terjun lagi namun belum sempat terjamah oleh tangan manusia. Dari beberapa air tejun yang ada di kab. Magelang yang pernah saya kunjungi yaitu Curuk Silawe dan Kedung Kayang.
Kali ini saya akan menjelaskan sekilas tentang Curug Silawe, air terjun yang letaknya tidak begitu jauh dari rumah saya . Terletak di Desa Sutopati Kecamatan Kajoran Kabupaten Magelang di sebelah barat laut di lereng bukit Potorono dan Gunung Sumbing yang mempunyai objek wisata alam dengan panorama yang sangat indah. Bisa ditempuh dari arah Jl. Magelang-Purworejo ataupun dari Kota Magelang sekitar 30 menit menggunakan motor dan mobil. Curug Silawe merupakan obyek wisata air terjun dengan ketinggian kurang lebih 60 meter dan menyerupai Lawe. Bisa ditempuh menggunakan mobil, sepeda motor, ataupun berjalan kaki, namun saran saya naik motor saja karena jalan 1 km sebelum air terjun jalan agak rusak.
Tiket masuk ke tempat wisata ini Rp. 2000/orang cukup murah untuk mendapat pemandangan yang cukup indah ini. Di Curug Silawe disediakan tempat menjual jajan, tempat parkir dan kamar mandi untuk yang ingin membasuh badan setelah bermain air. Untuk melihat air terjun dari pintu masuk harus berjalan sekitar 100-150 meter. Kemudian kalian akan melihat pemandangan air yang terjun bebas dari atas, bisa menikmati udara yang sangat segar dari angin yang membawa percikan air, sejenak bisa melepaskan penat, dan pasti bisa mensyukuri nikmat Tuhan.
Warga disana sangat ramah, jadi jika ingin ketempat ini namun masih tau jalan pastinya jangan segan-segan untuk bertanya kepada warga sekitar. Kalau lagi beruntun, kalian akan diantarkan oleh anak-anak kecil yang sedang bermain di jalan menuju Curug Silawe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar